Tok! KPU Purwakarta Diputus Bersalah Langgar Administrasi Pemilu

IDEANEWSID. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta Jawa Barat diputus bersalah melakukan pelanggaran administrasi oleh Majelis Sidang Administrasi Pemilu, Bawaslu Jawa Barat, Rabu (5/10/2022.

Sidang dengan agenda putusan tersebut dipimpin Sutarno, SH., sebagai ketua majelis didampingi Harminus Koto dan Yusuf Kurnia sebagai anggota. Ketiganya Komisioner Bawaslu Jabar. Hadir juga saat putusan tersebut, pelapor dari Bawaslu dan terlapor dari KPU Purwakarta.

Baca juga:  Bawaslu Datangi Bupati Purwakarta, Sampaikan Hal Ini

Komisioner Bawaslu Purwakarta, Siti Nurhayati membenarkan kabar tersebut. Atas kesalahan itu, KPU Purwakarta juga disanksi peringatan tertulis dan diingatkan tidak melakukan tindakan yang sama di kemudian hari.

“Intinya, KPU Purwakarta diminta agar tetap tunduk dan patuh terhadap regulasi,” kata Siti, dikonfirmasi usai mengikuti sidang sore ini.

Diketahui, pelaporan KPU oleh Bawaslu Purwakarta ke Bawaslu Jabar berawal dari kebijakan KPU Purwakarta melakukan klarifikasi terhadap lima calon anggota partai politik dari sejumlah parpol pada 5 September 2022.

Baca juga:  Ini Titik-titik yang Haram Dipasang Atribut Berbau Politik di Purwakarta

Klarifikasi yang seharusnya dilakukan secara langsung dengan mendatangkan orang yang bersangkutan ke Kantor KPU, oleh KPU justru dilakukan secara daring melalui panggilan video call whatsapp.

KPU juga memberikan status Memenuhi Syarat (MS) kepada kelima orang tersebut padahal seharusnya Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Klarifikasi dilakukan untuk memastikan status seseorang yang namanya tercatat ganda pada lebih dari satu partai politik.

Baca juga:  Reses ke-3, Warseno Janji Perjuangkan Infrastruktur Kota Purwakarta

Diketahui, tahapan pemilu yang sedang berlangsung saat ini yakni verifikasi administrasi pendaftaran partai politik. (Red)