STIEB Perdana Mandiri Purwakarta Tanamkan Jiwa Entrepreneur saat PKKMB

Prosesi Lepas Balon mengawali rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di STIEB Perdana Mandiri Purwakarta.

IDEANEWSID. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis (STIEB) Perdana Mandiri Purwakarta sukses menggelar PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) Tahun Akademik 2022/2023 pada 8 – 11 September 2022 lalu.

Dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut, Ketua Panitia PKKMB Yulia Komala, S.E., M.Akt., mengatakan, PKKMB diikuti 221 mahasiswa baru (maba) dari tiga program studi (prodi) yang berbeda. Ketiganya adalah Sarjana Manajemen, Sarjana Akuntansi, dan Diploma III Akuntansi.

“Rangkaian PKKMB diawali dengan pra-PKKMB untuk persiapan mahasiswa baru mengikuti kegiatan pengenalan kampus tersebut,” kata Yulia saat ditemui di Kampus STIEB Perdana Mandiri, Jl. Veteran No. 74, Kelurahan Nagri Kaler, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, Jumat (16/9/2022).

Disebutkannya, PKKMB dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, di mana seluruh maba diberikan materi yang berbeda setiap harinya sesuai dengan panduan dari Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dikti).

Baca juga:  Pj Bupati Purwakarta Tegaskan Netralitas ASN pada Pemilu dan Pilkada 2024

“Pada hari pertama pelaksanaan PKKMB, kami menghadirkan para pemateri andal dalam menyosialisasikan kehidupan kampus,” ujarnya.

Di antaranya, pemateri terkait Sistem Perguruan Tinggi dan Sistem Akademik sesuai panduan Dikti. Termasuk juga, pemateri Bela Negara, Antikorupsi, dan Antinarkoba.

Entrepreneurship

Mahasiswa baru STIEB Perdana Mandiri Purwakarta saat mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru.

 

Hari kedua, lanjutnya, para maba mendapatkan materi tentang entrepreneurship. Pematerinya adalah alumni STIEB Perdana Mandiri yang berpredikat success entrepreneur.

Ada tiga pemateri yang dihadirkan, di antaranya Dede Ruhiman yang sukses menjalankan berbagai lini bisnisnya, seperti jasa transportasi, essentials oil, dan miniground camp. Ada pula Indra Irawan yang sukses mengelola kafe dan memasarkan produk es kristal.

“Pemateri ketiga adalah M. Zidane Firdaus. Ini yang paling spesial, karena statusnya masih mahasiswa semester tujuh Prodi Sarjana Akuntansi. Jadi, belum lulus atau belum berstatus alumni, tapi sudah berpredikat entrepreneur,” ucap Yulia.

Baca juga:  BPJamsostek Kampanyekan "Kerja Keras Bebas Cemas" di Kecamatan Sukatani Purwakarta

Dijelaskannya, Zidane sukses menciptakan minuman jahe instan dengan merek dagang D’Jahe King. Bisnisnya pun berjalan lancar hingga saat ini.

“Ketiga pemateri tersebut bisa menjadi contoh bagi mahasiswa baru, sehingga bisa memotivasi dan mengikuti jejak mereka menjadi seorang entrepreneur. Terlebih ini sesuai dengan visi misi STIEB Perdana Mandiri yakni mencetak seorang entrepreneur,” kata Yulia optimis.

Adapun pada hari ketiga PKKMB, mahasiswa baru disuguhkan kreativitas yang ditampilkan para mahasiswa STIEB Perdana Mandiri. “Momen ini untuk semakin mempererat silaturahmi di antara sesama maba maupun dengan mahasiswa di atasnya,” ujar Yulia.

Miliki HATI

Lebih lanjut Yulia menyebutkan, pihaknya sangat bersyukur bisa kembali menggelar PKKMB secara luring. Pasalnya, dua tahun terakhir PKKMB dilaksanakan secara daring memanfaatkan aplikasi zoom meeting karena situasi pandemi COVID-19.

Baca juga:  Wartawan di Purwakarta Diintimidasi Oknum Aparat Desa Citalang saat Telusuri Dugaan Korupsi Hanpangan

“PKKMB tahun ini mengangkat tema “Mewujudkan Mahasiswa yang Memiliki HATI (Humanis, Aktif Terampil dan Intelek)”. Dibuka oleh Ketua STIEB Perdana Mandiri Ika Jatnika, S.E., M.Sc., Ak., CA.,” ucapnya.

Selama berlangsungnya PKKMB, pihaknya juga melibatkan mahasiswa dari berbagai prodi. “Alhamdulillah, seluruh rangkaian kegiatan PKKMB berjalan lancar dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Yulia.

Sekadar informasi, PKKMB wajib diikuti oleh seluruh maba karena sebagai salah satu syarat mengikuti sidang skripsi dan sidang Tugas Akhir. Ini pun sejalan dengan Surat dari Dirjen Dikti nomor 0387/E/TM.02.00/2021 Perihal PKKMB. (Red)