Bisnis  

PLN Purwakarta Ajak Pelanggan Manfaatkan Fitur Swacam di PLN Mobile untuk Catat Meter Mandiri

IDEANEWSID. PLN Mobile sebagai salah satu aplikasi andalan PLN untuk pelanggan, menawarkan berbagai kemudahan fitur, salah satunya yaitu layanan Swacam.

Layanan ini dapat digunakan pelanggan pascabayar untuk melakukan pencatatan angka stand kWh meter secara mandiri di rumah setiap bulannya. Jadi, pelanggan tidak perlu lagi menunggu petugas catat meter datang ke rumah untuk mencatat kWh meter.

Manager PLN UP3 Purwakarta Grahaita Gumelar menjelaskan, layanan catat meter mandiri melalui PLN Mobile menjadi solusi agar pelanggan bisa memperkirakan pemakaian listrik setiap bulan.

“Pelanggan bisa mencatat meter mandiri pada tanggal 23-27 setiap bulannya menggukanan fitur Swacam tanpa menunggu petugas catat meter datang ke rumah,” kata Gumelar melalui rilisnya, Jumat (25/5/2024).

Baca juga:  Knowledge Theater Diresmikan, Rektor Unpad Apresiasi Dukungan Bank bjb terhadap Kemajuan Pendidikan

Adapun tahapan pemanfaatan fitur Swacam atau catat meter mandiri di aplikasi PLN Mobile dimulai dengan membuka aplikasi PLN Mobile.

Kemudian, pilih menu Catat Meter, pilih mulai swacam dan foto angka stand meter yang ada di kWh meter. Selanjutnya, pilih ID Pelanggan dan masukkan angka stand meter lalu klik kirim.

Disebutkan Gumelar, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan pelanggan ketika memanfaatkan layanan Swacam, di antaranya tidak perlu bergantung kepada petugas catat meter.

Baca juga:  Workshop Bisnis bjb PESATkan UMKM Hadir di Lampung, Ini Cara Daftarnya

“Sehingga diharapkan akurasi hasil baca meter tiap bulan tetap bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Perkiraan Tagihan

Selain itu, kata dia, dengan melakukan catat meter mandiri, pelanggan dapat mengetahui perkiraan tagihan yang akan dibebankan di bulan mendatang. Sehingga, bisa secara langsung mengatur penggunaan energi listrik dengan efisien.

“Saat ini sudah banyak pelanggan PLN Purwakarta yang secara rutin memanfaatkan fitur Catat Meter Mandiri di PLN Mobile,” ucap Gumelar.

Bulan Februari, misalnya, tercatat 1.347 pelanggan yang melaporkan angka stand kWh meternya secara mandiri.

Baca juga:  Manggis Purwakarta Kini Diekspor ke China

“PLN Purwakarta sangat berharap semakin banyak pelanggan yang memanfaatkan fitur ini terutama bagi yang rumah tinggal atau persilnya berpagar, sering tidak ada orang sehingga sulit dijangkau oleh petugas pembaca meter,” kata Gumelar.

Terpisah, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Susiana Mutia menyampaikan, fitur Swacam atau catat meter mandiri ini merupakan bentuk komitmen PLN dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.

“Fitur Swacam merupakan komitmen PLN dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, dapat diakses melalui PLN Mobile di mana pun dan kapan saja,” ujar Susiana. (Red)