PGPAUD UPI Kampus Purwakarta Pelopori Pendidikan Inklusi untuk Anak Usia Dini lewat Seminar Nasional 

IDEANEWSID. Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usai Dini (PGPAUD) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta mengenalkan implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) melalui Pendidikan Inklusi untuk anak usia dini lewat seminar nasional yang digelar secara virtual, Kamis (28/7/2022).

Ketua Panitia Seminar Nasional Prodi PG PAUD UPI Kampus Purwakarta Jojor Renta Maranatha, M.Pd., mengatakan, seminar tersebut mengangkat tema “Leave No One Behind: Implementasi SDG’s melalui Pendidikan Inklusi untuk Anak Usia Dini”.

“Sesuai dengan tema, seminar nasional ini membahas pendidikan inklusif untuk anak usia dini. Pesertanya mahasiswa, guru, hingga pengelola sekolah. Tercatat ada 150 peserta yang berasal dari Jawa Barat, Jakarta, Medan, Bali, hingga Gorontalo,” ujar Jo, panggilan akrabnya saat dihubungi melalui gawainya, Kamis (28/7/2022).

Baca juga:  Seminar Parenting, SD Labschool UPI Purwakarta Ajak Orang Tua Teladani Rasulullah Saw

Dijelaskannya, ada beberapa topik yang menjadi bahasan. Di antaranya, pendidikan karakter di PAUD, manajemen penyelenggaraan, inovasi pendidikan PAUD, hak dan Perlindungan anak.

“Dibahas pula terkait perkembangan fisik, motorik, kognitif, bahasa, sosial, emosional AUD, pendekatan, model, metode, dan media,” kata Jo.

Kemudian, lanjutnya, pembelajaran PAUD, pengasuhan AUD, asesmen dan evaluasi pembelajaran AUD, pembelajaran STEM/STEAM untuk PAUD, teknologi untuk anak usia dini, kecerdasan majemuk AUD, dan pmbelajaran seni untuk AUD.

Baca juga:  Bank bjb Dukung Kemajuan Wirausaha Muda lewat Young Entrepreneur Success Zone 2023

“Dari 150 peserta tersebut, 58 di antaranya adalah pemakalah. Di mana, para peserta akan mendapatkan E-sertifikat, sedangkan pemakalah mendapatkan E-sertifikat dan E-prosiding ber-ISSN,” ucapnya.

Lebih lanjut Jo menyebutkan, seminar nasional ini menjadi agenda tahunan yang ditunggu-tunggu para peserta. Tujuannya untuk meningkatkan wawasan pengetahuan terkait pendidikan inklusi.

“Harapannya, semoga PGPAUD UPI Purwakarta menjadi pelopor dan leader dalam memberikan wawasan dan pengetahuan khususnya kepada masyarakat terkait pendidikan inklusi untuk Anak Usia Dini,” ucapnya.

TIGA NARASUMBER

Seminar nasional itu menghadirkan tiga narasumber. Ketiganya adalah, Wakil Direktur UPI Kampus Purwakarta Dr. Idat Muqodas, M.Pd., yang menyampaikan materi dengan tema “Menyiapkan Kesejahteraan Anak Usia Dini sebagai Upaya SDG’s yang Inklusif”.

Baca juga:  Pendidikan Masa Kini

Kemudian, Icam Sutisna, M.Pd dari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo dengan materi, “Inklusifitas PAUD untuk Mendorong Target Capaian SDG’s”.

Adapun narasumber yang ketiga adalah Direktur Sekolah Alam Purwakarta Lilaning Sosialsih, S.Si., yang menyampaikan materi tentang “Learning Special Needs’ Hidden Potentials”.

Berperan sebagai moderator Dhea Ardiyanti, S.Pd., alumni PGPAUD 2016 yang juga mahasiswa S2 PAUD Sekolah Pascasarjana UPI dan Heni Anggraeni, S.Pd., alumni PGPAUD 2015 yang juga guru Sekolah Alam. (Red)