KPU Purwakarta Sebut 3.715 Surat Suara DPR RI Rusak

RUSAK. KPU Kabupaten Purwakarta menemukan 3.715 lembar surat suara untuk jenis pemilihan DPR-RI, rusak.

IDEANEWSID. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta Jawa Barat menemukan 3.715 lembar surat suara untuk jenis pemilihan DPR-RI, rusak.

Hal ini diketahui setelah KPU setempat merampungkan seluruh proses sortir lipat (sorlip) surat suara untuk jenis pemilihan tersebut, Jumat (12/01/2024) malam.

“Sorlip untuk surat suara DPR selesai. Ditemukan yang rusak sebanyak 3.715 lembar dengan berbagai kategori kerusakan,” kata Komisioner KPU Purwakarta, Oyang Este Binos kepada wartawan, Sabtu (13/1/2024).

Baca juga:  Polres Purwakarta Sebar 15 Titik Vaksinasi Anak

Menurutnya, jenis kerusakan tersebut di antaranya sobek, mengkerut, terdapat bercak noda, hingga warna yang tidak sesuai ketentuan.

“Terhadap surat suara yang ditemukan rusak tersebut, KPU telah melakukan rekap dan apkir. Lalu kita ajukan penggantiannya kepada pihak ketiga melalui KPU RI,” ujarnya

Total surat suara DPR RI yang disorlip sekitar 750.000 lembar melibatkan 200 orang. Sorlip dilakukan terpusat di Aula KPU Purwakarta, Jl. Flamboyan, Nagri Kaler, Purwakarta.

Baca juga:  KPU Umumkan DCT Caleg Kabupaten Purwakarta Pemilu 2024, Ini Link Unduhannya

Dalam waktu bersamaan, sorlip untuk surat suara DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Purwakarta juga berjalan. Dua jenis surat suara ini disorlip di dua tempat berbeda yakni GOR Purnawarman dan Gedung SKB.

Jumlah petugas sorlip yang dilibatkan mencapai 400 orang. Adapun, jumlah total petugas sortir di tiga tempat mencapai 600. Bertambah 100 orang dari rencana awal.

Baca juga:  BPJamsostek Purwakarta Aktivasi Pasar "Kerja Keras Bebas Cemas" di Citeko

Sorlip selanjutnya akan diteruskan ke surat suara presiden wakil presiden dan DPD RI. Total surat suara yang disorlip untuk semua jenis pemilihan sebanyak 3,7 juta lembar. (Red)