Kemungkinan Presiden Jokowi Tunjuk Luhut sebagai Kepala Otorita IKN

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan (LBP)./cnbcindonesia.com/

IDEANEWSID. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Presiden Jokowi kemungkinan bakal menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN).

Diketahui, saat ini Luhut Binsar Pandjaitan masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves).

Kemungkinan Presiden Jokowi menunjuk LBP sebagai Kepala Otorita IKN, cukup besar.

Baca juga:  Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak 14 Februari 2024

Bukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) atau Erick Thohir yang bakal dipilih sebagai Kepala Otorita IKN.

Dilansir dari politik.rmol.id, Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia’s Democratic Policy, Satyo Purwanto mengatakan, Ahok maupun Erick Thohir dianggap tidak akan ditunjuk oleh Jokowi.

Analisa Satyo, Kepala Otorita IKN akan memimpin wilayah tersebut dalam lima tahun sebagai pemimpin pembangunan sekaligus kepala daerah khusus IKN.

Baca juga:  Bacakan Amanat KSAD, Dandim 0619/Purwakarta: TNI Harus Hadir dan Berikan Solusi

“Mungkin Jokowi masih akan mengandalkan LBP sebagai Kepala Otorita sebelum benar-benar pensiun. Mengapa LBP? karena sebagai salah satu kreator IKN baru tentunya LBP lebih punya kapasitas,” ujar Satyo kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (18/1/2022).

Selain itu kata Satyo, Jokowi juga merasa perlu memastikan sebelum pensiun, UU dan tahapan pemindahan Ibu Kota akan berproses sesuai dengan jadwal.

Baca juga:  Fallacy Mc Namara Anne Ratna Mustika

“Maka untuk itu Jokowi tidak akan berspekulasi memberikan posisi penting Kepala Otorita kepada orang yang hanya akan banyak menimbulkan kontroversi seperti Ahok atau Erick Thohir,” pungkas Satyo.