Tim PKM-RSH UPI Lakukan Penelitian Motion Grafis dan Empati pada Anak Usia Prasekolah

MOTION GRAFIS. Tim PKM-RSH) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta saat melakukan penelitian motion grafis untuk meningkatkan empati pada anak usia prasekolah.

IDEANEWSID. Tim Program Kreativitas Mahasiswa-Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta telah melakukan penelitian motion grafis untuk meningkatkan empati pada anak usia prasekolah.

Motion grafis atau grafik gerak ini adalah potongan animasi atau rekaman digital yang menciptakan ilusi gerakan atau rotasi, dan biasanya digabungkan dengan audio untuk digunakan dalam proyek multimedia.

Ketua Tim PKM-RSH UPI Kampus Purwakarta, Karisya mengatakan, timnya telah melakukan penelitian di dua Taman Kanak-kanak (TK). Pertama, di TK Labschool UPI Jl. Baru Blok Mawar II, Nagri Kaler, Purwakarta. Kedua, TK Mentari Jl. Jenderal Sudirman, Blok Aster, Nagri Kaler, Purwakarta.

Baca juga:  PGPAUD UPI Kampus Purwakarta Pelopori Pendidikan Inklusi untuk Anak Usia Dini lewat Seminar Nasional¬†

“Motion grafis kami gunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan empati anak. Kami memiliki tiga video, seri 1-3, dengan judul “Menumbuhkan Empati Anak Usia Dini dengan Motion Grafis Video Bersama Mika, Eva, dan Edo”,” kata Karisya saat dikonfirmasi, Kamis (24/11/2022).

Selama tiga pekan penelitian, sambungnya, didapat grafik positif terhadap peningkatan empati anak. “Kami melakukan pengukuran sikap empati anak melalui statistik dan observasi. Baik itu sebelum maupun sesudah menonton video animasi. Hasilnya menunjukkan grafik positif,” ujarnya.

Baca juga:  Guru Pesantren Modern Nurul Huda Bekasi Dibekali Pemahaman Hadis-hadis Sabar

Terpisah, Dosen Pendamping Tim PKM-RSH UPI Jojor Renta Marahatha, M.Pd., mengatakan, tim binaannya berhasil masuk sebagai peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-35 yang digelar Pusat Prestasi Nasional.

“Ada 40.000 proposal yang masuk dari berbagai kampus di seluruh Indonesia. Kemudian yang berhak didanai ada 1.500 proposal, dan yang dinyatakan masuk Pimnas ada 300 peserta. Di mana, satu di antaranya adalah PG PAUD UPI Kampus Purwakarta,” ucap Jo, panggilan akrabnya.

Baca juga:  Pipin Sopian Ajak Para Siswa Raih Mimpi lewat Purwakarta Cerdas

Dijelaskan Jo, kriteria penilaian di antaranya metode, kekompakan tim, presentasi, hasil penelitian dan lainnya. Tiga pekan penelitian, tim berhasil mendapatkan data positif.

“Video animasi juga sudah didaftarkan di HKI (Hak Kekayaan Intelektual). Dan ke depan, kami berencana memberikan pelatihan pembuatan motion grafis kepada para guru,” ujarnya. (Red)