Didampingi Gus Ahad, Komisi IV DPRD Jawa Barat Jamin Akselerasi Pengecoran Jalan Pramuka Purwakarta

Kondisi Jalan Pramuka Desa Bunder, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat yang rusak parah dan menyebabkan satu unit truk bermuatan batu bara terguling, beberapa waktu lalu.

IDEANEWSID. Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat dari Fraksi PKS, H. Jajang Rohana, S.Pd.I., meninjau langsung pengerjaan pengecoran Jalan Pramuka, Desa Bunder, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (17/6/2022).

Kehadiran Jajang ke lokasi tersebut didampingi Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat Ir. H. Abdul Hadi Wijaya, M.Sc., yang merupakan legislator dari daerah pemilihan Karawang – Purwakarta. Turut hadir Anggota DPRD Kabupaten Purwakarta Fraksi PKS Dedi Sutardi.

Dalam kesempatan tersebut, Jajang Rohana bertemu langsung dengan Sdr. Roni yang merupakan perwakilan dari perusahaan pemenang tender pengerjaan pengecoran Jalan Pramuka tersebut.

Jajang menyoal lambatnya proses pengecoran jalan yang dikeluhkan warga. Terlebih kondisi jalan itu kerap menyebabkan kecelakaan.

Teranyar, satu unit truk bermuatan batu bara terguling akibat kondisi jalan yang labil pada Rabu (15/6/2022).

Belum lagi puluhan sepeda motor yang tergelincir hingga terjatuh akibat kondisi jalan. Bahkan, beberapa peristiwa di antaranya hingga menimbulkan korban.

“Kedatangan kami dalam rangka mengadvokasi warga juga untuk memastikan proses pengerjaan pengecoran Jalan Pramuka berlangsung sesuai target. Alhamdulillah, pihak pemenang tender berkomitmen untuk melakukan akselerasi pengerjaan tersebut,” ujar Jajang kepada wartawan di lokasi.

Baca juga:  Gubernur Jabar Ridwan Kamil Resmikan Pusat Distribusi Provinsi di Purwakarta, Satu-satunya di Indonesia

Jajang yang membidangi infrastruktur ini juga menyampaikan kepada perwakilan warga setempat untuk ikut mengawasi dan tetap menjaga kekondusifan.

“Ini ada komitmen dari pihak pemenang tender untuk memajukan penyelesaian pekerjaan. Mari kita dukung dan turut mengawasi,” kata Jajang.

Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat dari Fraksi PKS H. Jajang Rohana, S.Pd.I., saat meninjau pengerjaan pengecoran Jalan Pramuka, Desa Bunder, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dan menjamin percepatan pengerjaan jalan tersebut.

Sejak Setahun Lalu 

Senada disampaikan Gus Ahad, panggilan akrab Abdul Hadi Wijaya. Dirinya menyebutkan, keluhan masyarakat tentang kondisi Jalan Pramuka ini telah disuarakan sejak tahun lalu. Kemudian masuk ke dalam proses penganggaran APBD tahun lalu.

“Saya sebagai anggota DPRD Jawa Barat Dapil Karawang – Purwakarta sudah menyuarakan dan juga menyampaikan kepada dinas terkait. Termasuk kepada Komisi IV yang membidangi infrastruktur dan menyatakan bahwa ini perlu dianggarkan,” ucap Gus Ahad.

Selanjutnya, kata Gus Ahad, dengan segala keterbatasan tersedia anggaran Rp5,8 miliar dan sudah dilelangkan. Pun halnya proses pengerjaan sudah berjalan.

“Namun ada beberapa hal yang menyebabkan progres pengerjaannya agak lambat. Kemudian, banyak terjadi kecelakaan, terutama ketika hujan,” kata Gus Ahad.

Berkat komunikasi dengan semua pihak terkait, sambungnya, maka terjalin pula komunikasi dengan Komisi IV DPRD Jawa Barat.

Baca juga:  Gus Ahad: Perbedaan Biasa, Bersatu itu Pilihan

“Pak Jajang ini sangat mendalami dan memahami tentang proses-proses formal maupun di lapangan terkait dengan pengerjaan perbaikan jalan di provinsi,” ujarnya.

Gus Ahad mengapresiasi Jajang Rohana yang mengundang Dinas PUPR sebagai dinas teknis mitra Komisi IV. Berikutnya PUPR menghadirkan pihak pemenang tender.

Sebagai legislator asal Purwakarta, pihaknya juga mengundang tokoh masyarakat setempat.

“Kehadiran Pak Jajang sangat solutif. Setelah diajak hitung-hitungan oleh Pak Jajang, pihak pemenang tender yang diwakili Pak Roni, menyatakan siap ngebut dan mempercepat proses pembangunan jalan,” kata Gus Ahad.

Di mana, lanjutnya, pembangunan jalan tersebut target selesainya itu dimajukan dari yang asalnya 22 Oktober 2022 menjadi 25 Agustus 2022.

“Titik yang paling rawan dulu yang diperbaiki, sambil kita nanti lihat perkembangannya,” ucapnya.

Kurang Maksimal 

Sebelumnya, Dede Suhendi alias Haji Debo, Warga Bunder, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, menyebutkan, sebagai warga yang memang sejak kecil hingga sekarang tinggal di Desa Bunder, baru kali ini melihat kondisi jalan yang rusak parah.

Baca juga:  Koramil 1904/Campaka Kodim 0619/Purwakarta Bersama Warga Kompak Rehab Rutilahu 

“Penyebabnya jelas kendaraan besar yang melebihi kapasitas dan proyek KCIC yang menyebabkan jalan tersebut rusak parah. Tapi, alhamdulillah kondisi saat ini Jalan Pramuka sedang ada yang mengerjakan perbaikan jalan karena sudah ada yang memenangkan tender,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, warga merasa kecewa karena pengerjaannya yang kurang maksimal. Kalau dari segi waktu pengerjaan, sambungnya, memang tidak menyalahi karena masih panjang waktunya.

“Namun saya perhatikan pemborong ini kurang peka terhadap situasi atau kondisi yang begitu urgent yang menyebabkan warga dan pengguna jalan kesusahan. Seharusnya pengerjaan ini bisa dilakukan dengan lebih cepat. Ini pengerjaan satu minggu hanya dapat 15 – 20 meter. Pun untuk pengecoran hanya 5 – 7 mobil,” katanya.

Sehingga, lanjutnya, ini mengakibatkan kemacetan panjang. Dan yang lebih parah lagi, kondisi jalan malah semakin rusak parah. Hampir setiap hari ada kecelakaan. Bahkan pernah dalam semalam ini ada puluhan motor yang jatuh di perempatan Bunder.

“Kepada pihak terkait mohon pemborong ini diingatkan. Dan kelihatannya pemborong ini sangat amatiran dan tidak punya modal,” ucapnya. (Red)