Tanjung Putri Potensi Wisata Baru di Sukasari Purwakarta

Foto : Tanjung Putri/Net

IDEANEWSID. Tanjung Putri salah satu cagar alam di wilayah Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, berpotensi menjadi destinasi wisata baru.

Keindahan alam yang asri juga hijau membuat udara wilayah Sukasari sejuk dan mampu memanjakan mata ketika berada di sana.

Atas pesona alam yang ada cukup menunjang sangat cocok dijadikan objek wisata alam yang mampu mendatangan wisatawan dari berbagai daerah.

Tanjung Putri berlokasi di Desa Kampung Cilipa, Desa Sukasari, Kecamatan Sukasari, Purwakarta menjadi salah satu objek wisata baru yang wajib dikunjungi para pencinta alam.

Di sana, Anda bisa menyaksikan pesona matahari terbit maupun tenggelam yang begitu menawan dengan view Gunung Parang, Gunung Bongkok, dan Gunung Lembu dibalut membentangnya Danau Jatiluhur.

Baca juga:  P2M di Cisaat Subang, Dosen UNJ Implementasikan Nilai-Nilai Religius dan Kewirausahaan

Kepala Desa Sukasari, Cece Syaripudin mengatakan, tampak pemandangan danau yang luas, rumput hijau, dan barisan pegunungan mengantarkan Tanjung Putri sebagai destinasi wisata yang cocok untuk melepas penat.

“Pengembangan dunia pariwisata ini cukup berdasar, Desa Sukasari memiliki potensi berlimpah mulai dari keindahan alam hingga budaya. Hembusan angin terasa sejuk dan menenangkan menambah kenyamanan selama berada di Tanjung Putri,” kata dia, Sabtu 26 Maret 2022.

Saat ini, kata dia, Tanjung Putri ini tengah didorong menjadi salah satu tempat wisata di Kecamatan Sukasari dengan menyiapkan fasilitas penunjang yang mampu menarik pengunjung untuk berwisata secara nyaman dan aman.

Baca juga:  Bupati Purwakarta Segera Kembangkan Destinasi Wisata Kuliner Baru

“Ini tentu akan memperkaya destinasi wisata di Kabupaten Purwakarta, Khususnya di Kecamatan Sukasari. Semoga menjadi destinasi wisata membanggakan yang bakal menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Purwakarta,” ujar Cece.

Dalam pengembangan Tanjung Putri ini, ia mengaku dapat dukungan dari berbagi pihak termasuk tokoh-tokoh di wilayah tersebut.

“Namun sebelumnya, kami bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kecamatan Sukasari memberikan pembekalan untuk masyarakat selaku pengelola agar tidak mengecewakan pengunjung,” ucap dia.

Selain itu, tambah dia, di Tanjung Putri ini merupakan tempat wisata kuliner yang nikmat dan lezat memanjakan lidah.

“Kuliner yang jadi andalan di wilayah ini iyalah nasi liwet, ikan bakar khas Sukasari, Sate dan bakakak ayam. Sambil menyantap makanan yang nikmat, juga bisa sambil menikmati pemandangan alam yang indah khas Desa Sukasari. Selain itu ada juga kopi sukasari dan cendol sebagai penyertanya,” ujar Cece.

Baca juga:  Bupati Purwakarta Minta Maaf Terkait Batalnya Pertunjukan Air Mancur Sri Baduga

Ia mengklaim bahwa potensi wisata ini akan sangat berdampak pada perekonomian warga yang notabene penghasilannya dari pedagang dan nelayan.

“Dengan dibukanya Tanjung Putri ini sebagin Desatinasi Wisata masyarakat di lokasi itu merasakan dampak peningkatan perekonomiannya. Warga diberi kesempatan yang luas untuk dapat membuka berbagai usaha yang mendukung wisatawan seperti usaha kuliner bahkan suvenir,” kata Cece.