Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 72 Kota/Kabupaten, Termasuk di Purwakarta

DONOR DARAH. Kegiatan donor darah Kawan Lama Group yang digelar di ACE Purwakarta berkerja sama dengan PMI Purwakarta.

IDEANEWSID. Kawan Lama Group, identitas dari kelompok unit bisnis multisektor, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kembali melaksanakan aksi donor darah nasional di lebih dari 130 lokasi di 72 kota/kabupaten di 28 provinsi di Indonesia.

Untuk di Kabupaten Purwakarta, kegiatan sosial ini dilaksanakan di ACE Purwakarta, Jl. R.E. Martadinata, Kelurahan Nagri Kidul, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, Sabtu (15/6/2024).

Vice President of Corporate Affairs, Communications and Sustainability Kawan Lama Group, Melinda Pudjo menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada 14 Juni 2024.

Selain itu, sambungnya, aksi ini juga menjadi wujud kepedulian Kawan Lama Group terhadap upaya pemenuhan kebutuhan darah nasional.

“Sejak 2015 lalu, setiap tahun Kawan Lama Group rutin mengadakan kegiatan donor darah secara nasional, dan hingga akhir tahun lalu telah terkumpul lebih dari 25.000 kantong darah,” kata Melinda melalui rilisnya.

Baca juga:  KKN Inovatif, Mahasiswa UBP Karawang Digitalisasi Pemasaran Keripik Tempe di Desa Kalidungjaya

Adapun tahun ini, pihaknya menargetkan kegiatan donor darah di 72 kota dan kabupaten, lebih dari dua kali lipat dari jumlah kota dan kabupaten yang berhasil direalisasikan tahun lalu.

“Harapannya, dengan bertambahnya jumlah kota ini, semakin banyak kantong darah yang terkumpul, dan akhirnya semakin banyak penerima donor yang bisa merasakan manfaatnya,” ujarnya.

Untuk diketahui kegiatan donor darah nasional ini dilaksanakan mulai dari Area Sumatera di Kota Banda Aceh, Bandar Lampung, Batam, Bengkulu, Dumai, Jambi, Kabupaten Deli Serdang, Medan, Metro, Padang, Palembang, Pangkal Pinang, Pekanbaru, dan Prabumulih.

Kemudian di Area Jawa-Bali di Kota Bandung, Banyuwangi, Bekasi, Kabupaten Bekasi, Bogor, Kabupaten Bogor, Cilacap, Cilegon, Cirebon, Denpasar, Depok, Garut, Gianyar dan Gresik.

Selanjutnya, di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jember, Karawang, Kebumen, Kediri, Kudus, Madiun, Magelang, Malang, Mojokerto dan Purwakarta.

Baca juga:  Libur Sekolah, Cikao Park Purwakarta Diserbu Wisatawan

Kemudian, di Purwokerto, Semarang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Sleman, Solo, Kabupaten Sumedang, Sukabumi, Surabaya, Tangerang, Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Tasikmalaya, Tegal dan Yogyakarta.

Untuk Area Pulau Kalimantan meliputi Kota Balikpapan, Banjarbaru, Banjarmasin, Bontang, Pontianak, Samarinda, Singkawang, dan Tarakan. Kemudian di Pulau Sulawesi di Kota Gorontalo, Kendari, Makassar dan Manado.

Selain itu, Kawan Lama Group juga menyasar Wilayah Indonesia Timur, di Kota Ambon, Kupang, Kabupaten Lombok Barat, dan Mataram.

Membutuhkan 5,6 Juta Kantong Darah

Menanggapi kegiatan ini, Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI Pusat dr. Linda Lukitasari Waseso menyampaikan, dengan penduduk yang mencapai lebih dari 280 juta jiwa, Indonesia membutuhkan setidaknya 5,6 juta kantong darah setiap tahunnya.

Baca juga:  Bakal Ada Kampung Sains di Purwakarta

“Untuk memenuhi kebutuhan ini PMI tidak bisa bekerja sendiri, kami membutuhkan dukungan dari seluruh pihak, termasuk Kawan Lama Group,” ucapnya.

Karena itu, pihaknya sangat mengapresiasi inisiatif donor darah nasional yang telah dilakukan Kawan Lama Group sejak tahun 2015 lalu. “Semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan di tahun-tahun mendatang,” kata Linda.

Terpisah, Deputy Store myanager ACE Purwakarta Yorin Melviano menyebutkan, tercatat ada puluhan pendaftar yang hendak mendonorkan darahnya.

“Puluhan calon pendonor ini meliputi karyawan ACE Purwakarta, kustomer dan warga sekitar. Mereka harus diskrining terlebih dahulu sebelum mendonorkan darahnya,” ujar Yorin.

Yang menarik, pelanggan ACE Purwakarta yang mendonorkan darahnya mendapatkan diskon sebesar 10 persen untuk seluruh produk nondiskon. “Ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada pelanggan yang telah mendonorkan darahnya,” ucap Yorin. (Red)