Gegara Perbup No. 155 Tahun 2019, Komisi IV DPRD Karawang Studi Banding ke Baznas Purwakarta

IDEANEWSID. Rombongan Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang yang melakukan studi banding ke Kantor Baznas Purwakarta di Jl. Jenderal A. Yani, Kelurahan Cipaisan, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, Rabu (5/10/2022) lalu.

Kedatangan rombongan yang dipimpin H. Toto Suripto, S.E., M.H., tersebut bertujuan untuk berguru ke Baznas Purwakarta terkait Peraturan Bupati (Perbup) No. 155 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Zakat, Infak, dan Sedekah dari Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta.

“Alhamdulillah, ini berkah diterbitkannya Perbup No. 155 Tahun 2019. Mereka (Komisi IV DPRD Karawang, red) ingin mengetahui mekanisme dan upaya Baznas Purwakarta, sehingga Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menerbitkan Perbup tersebut,” kata Ketua Baznas Purwakarta Rika Ristiawati, M.E., saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Jumat (7/10/2022).

Baca juga:  ITF Purwakarta Jadi Barometer Jawa Barat

Selain itu, sambungnya, Komisi IV DPRD Karawang juga ingin mengetahui program unggulan Baznas Purwakarta sehingga mampu meyakinkan para muzakki dan munfik untuk menitipkan zakat, infak dan sedekahnya ke Baznas.

“Baznas Purwakarta mampu mengumpulkan dana lebih besar daripada Karawang. Padahal, bila dibandingkan luas wilayah dan jumlah penduduk, Purwakarta jauh lebih kecil dibandingkan Karawang. Ini yang menjadi bahasan kunjungan kerja tersebut,” ujar Rika.

Baca juga:  Silaturahmi dengan Ulama, Syaiful Huda Bahas Pendidikan dan Artificial Intelligence

Adapun program unggulan Baznas Purwakarta yang disampaikan Rika, di antaranya Beasantri atau Beasiswa Santri, Gasibu atau Gerakan Infak Seribu untuk Rutilahu, serta 5.000 BPJS Ketenagakerjaan, dan bantuan DTA dan TPQ.

“Kami juga mengetahui jika Baznas Karawang mendapatkan APBD sebesar Rp 750 juta, jauh lebih besar dibandingkan Baznas Purwakarta yang hanya Rp250 juta. Karenanya ini akan kami jadikan pembanding dan mudah-mudahan bisa terealisasi,” ucapnya.

Baca juga:  83 Anak Ikut Khitanan Massal Baznas Purwakarta di Klinik As-Salam

Disebutkannya, dana dari APBD tersebut sangat dibutuhkan untuk menunjang operasional Baznas Purwakarta. “Insyallah, dengan dana operasional Baznas yang mencukupi, akan meningkatkan dana yang dihimpun Baznas dari para muzakki dan munfik. Cakupan manfaatnya pun akan semakin luas,” kata Rika. (Red)