448 WBP Lapas Purwakarta Antusias Ikuti Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024

SOSIALISASI PEMILU. Sebanyak 448 warga binaan pemasayarakatan Lapas Kelas II B Purwakarta mengikuti sosialisasi tahapan Pemilu 2024 yang diselenggarakan KPU Purwakarta, Rabu (7/2/2024).

IDEANEWSID. Sebanyak 448 warga binaan pemasayarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Purwakarta mengikuti sosialisasi tahapan Pemilu 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purwakarta, Rabu (7/2/2024).

Kegiatan bertajuk “Pemilih Cerdas Pemilu Berkualitas” tersebut digelar di Aula Pusaka Lapas Purwakarta. Banyaknya peserta dan terbatasnya aula membuat sebagian peserta hanya bisa mengintip dari luar jendela. Selebihnya memilih menyimak melalui selasar.

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Purwakarta, Oyang Este Binos, Kadiv Teknis Rivan Dani Ramadhan, Kadiv Datin Iip Saripudin, serta Kasubag Teknis, Atik Mustifa. Sedangkan dari pihak lapas, hadir Kepala Plh Lapas Purwakarta Sayono.

Baca juga:  Hujan dan Angin Kencang di Purwakarta, Pohon hingga Tiang Listrik Tumbang

Dalam pemaparannya, KPU Purwakarta secara gamblang menjelaskan tahapan pemilu yang saat ini sedang berjalan. Diantaranya tahapan kampanye, distribusi logistik, hingga persiapan tahapan pemungutan dan penghitungan suara pada 14 Pebruari 2024.

“Jadi, saat ini selain distribusi logistik, kita masih berada di tahapan kampanye. Silahkan kenali para calon sejak dini supaya tidak bingung lagi saat di TPS nanti,” kata Binos.

Pemilu 2024, kata dia, diikuti oleh tiga pasangan calon presiden dan wakil presidan, 18 parpol, serta 54 calon DPD RI dapil jabar. Calon-calon tersebut harus dikenali sejak dini serta diketahui visi misinya.

Baca juga:  Bupati Purwakarta Resmikan Pendopo Coffee, Hidden Gems Baru di Purwakarta

Bakar Semangat

Bahkan Binos sempat membakar semangat para peserta dengan menyampaikan bisa jadi suara mereka menjadi penentu siapa Presiden Indonesia lima tahun ke depan.

“Jangan salah, suara bapak dan ibu sangat penting dan menentukan. Jangan sampai jagoannya kalah hanya karena kita gak datang ke TPS. Pilihan kita sangat menentukan siapa presiden kita berikutnya. Jadi, datanglah ke TPS lalu coblos jagoannya masing-masing,” ujar Binos.

Rencananya, di dalam lapas tersebut saat pemilihan akan didirikan dua TPS yakni TPS 901 dan 902 Kelurahan Cipaisan Kecamatan Purwakarta.

Petugas KPPS yang bertugas pun sebagiannya merupakan petugas Lapas. Sisanya warga sekitar. Total TPS di Kabupaten Purwakarta mencapai 2.693 TPS tersebar di 17 kecamatan, 192 kelurahan dan desa.

Baca juga:  Mengenal Ivan Kuntara Yang Siap Nyalon Bupati Purwakarta, Ada Garis Keturunan dari Bupati Dua Periode

Plh Kepala Lapas Purwakarta, Sayono SH, menyambut baik kegiatan sosialisasi oleh KPU Purwakarta. Pasalnya, selama ini akses warga lapas terhadap update informasi tahapan pemilu 2024 cukup minim.

Belum lagi, dengan banyaknya calon atau peserta pemilu. Karenanya, adanya sosialisasi ini diharapkan warga binannya makin paham apa yang harus mereka lakukan tanggal 14 Pebruari nanti.

“Bukan hanya datang ke TPS, lalu mencoblos tapi suaranya juga sah,” ucap Sayono. (Red)