Jaga Keandalan Listrik Jelang Iduladha, PLN ULP Pagaden – BPBD Subang Tebang Pohon di Gunungsari

TEBANG POHON. Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pagaden melakukan penebangan pohon-pohon besar yang berlokasi di Kampung Jatirawing RT.13/RW.06, Gunungsari, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang.

IDEANEWSID. PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Purwakarta Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pagaden melakukan penebangan pohon-pohon besar yang berlokasi di Kampung Jatirawing RT.13/RW.06, Gunungsari, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang, Jawa Barat, belum lama ini.

Penebangan pohon ini dilakukan sebagai mitigasi terhadap gangguan yang diakibatkan oleh pohon-pohon besar yang berpotensi tumbang dan mengenai aset-aset PLN, seperti kabel dan gardu.  Bilamana terjadi, berpotensi adanya gangguan listrik yang berdampak terganggunya aktivitas masyarakat.

Baca juga:  Bank bjb Raih Tiga Apresiasi di Ajang Top GRC Award 2023

Dalam melaksanakan penebangan pohon tersebut, ULP Pagaden berkalaborasi dengan beberapa dinas setempat antara lain Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perhubungan Kabupaten Subang.

Kordinator Pelaksanaan Tebang Pohon BPBD Iwan apriana menyampaikan, pihaknya menyambut baik kerja sama penebangan pohon dengan PLN Pagaden.

“Kami menyambut kerja sama ini. Penebangan pohon itu bertujuan agar kabel PLN tidak tertimpa pohon yang sudah besar ini, sehingga aliran listrik tidak padam dan masyarakat bisa menjalankan aktivitasnya dengan lancar,” kata Iwan.

Baca juga:  PLN Purwakarta Ajak Pelanggan Manfaatkan Fitur Swacam di PLN Mobile untuk Catat Meter Mandiri

Di kesempatan yang sama Manajer ULP Pagaden I Kadek Agus Setiawan menyampaikan, kegiatan untuk menjaga keandalan listrik terus diupayakan. Untuk itu, pihaknya membutuhkan aparat pemerintahan agar upaya menjaga keandalan listrik bisa terus dijalankan.

Kadek menjelaskan, penebangan pohon bersama-sama dengan BPBD dan Dinas Perhubungan Kabupaten Subang adalah salah satu upaya menjaga keandalan listrik. Apabila pohon sampai menimpa kabel listrik, maka listrik akan padam dan dipastikan kegiatan masyarakat terganggu.

Baca juga:  Gegara Perbup No. 155 Tahun 2019, Komisi IV DPRD Karawang Studi Banding ke Baznas Purwakarta

“Kami, bersama BPBD dan Dinas Perhubungan melakukan pemotongan pohon agar tidak sampai menimpa kabel listrik yang berpotensi menimbulkan gangguan listrik dan tentunya kegiatan masyarakat akan terganggu,” ujar Kadek. (Red)