BPJamsostek Lindungi 714 Siswa SMK Nepur dan 480 SMKN 1 Plered Yang Melaksanakan PKL

SISWA PKL. Penyerahan kepesertaan BPJamsostek kepada siswa PKL di SMK Nepur.

IDEANEWSID. BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Kantor Cabang Purwakarta menunjukkan komitmennya dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat pekerja, tak terkecuali bagi pelajar yang hendak melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL).

Teranyar, BPJamsostek Purwakarta memberikan perlindungan kepada 714 siswa PKL SMKN 1 Purwakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan Nepur. Tak hanya itu, BPJamsostek Purwakarta juga melindungi 480 siswa PKL SMKN 1 Plered.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Purwakarta Wira Sirait mengatakan, seluruh siswa peserta PKL, baik dari SMK Nepur maupun SMKN 1 Plered, dipastikan telindungi program BPJamsostek selama masa PKL, yakni selama empat sampai dengan enam bulan ke depan.

Baca juga:  Teken MoU dengan RS Hamori Subang, BPJamsostek Perluas Jaringan PLKK

“Perlindungan bagi siswa PKL ini sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 5 Tahun 2021 yang mewajibkan mahasiswa dan pelajar magang atau PKL menjadi peserta BPJamsostek untuk mendapatkan perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian,” kata Wira kepada wartawan, Senin (1/7/2024).

Dengan dua program perlindungan JKK dan JKM yang iurannya hanya Rp16.800 per bulan ini, bila siswa PKL mengalami kecelakaan kerja mulai dari berangkat, di tempat PKL hingga kembali pulang, maka seluruh biaya pengobatan rumah sakit ditanggung penuh BPJamsostek.

Baca juga:  Bank bjb Dukung UMKM dan Cashless lewat DIGI Ramadhan 1444 H: Ramadhan Fashion Market

“Pun halnya bila meninggal dunia, kalau pun bukan karena kecelakaan kerja, ahli warisnya tetap mendapatkan santunan sebesar Rp42 juta,” ujar Wira.

Dirinya pun berharap seluruh sekolah yang mempunyai program PKL atau magang agar mendaftarkan para siswanya ke dalam program BPJamsostek. “Ini sudah menjadi hak para siswa dan demi memastikan keberlangsungan masa depan mereka,” ucapnya.

Baca juga:  Jelang Tahapan Kampanye, Panwaslu Sukatani Kabupaten Purwakarta Lakukan Pembinaan PKD

Untuk diketahui, penyerahan secara simbolis kepesertaan BPJamsostek di SMK Nepur dilakukan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Industri dan Masyarakat (Hubinmas) Ludi Islahudin kepada perwakilan siswa jurusan Teknik Komputer Jaringan Muhammad Muksin Al Marjuki dan Cindy Rahmayanti siswa jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan.

SIMBOLIS. Penyerahan kepesertaan BPJamsostek kepada siswa PKL di SMKN 1 Plered.

Sementara di SMKN 1 Plered penyerahan kepesertaan secara simbolis dilakukan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubinmas Deni Sukmana kepada dua orang perwakilan siswa, yakni Bagus Purwa Dinata dan Siti Reysa Nurahmadani. (Red)